Kalah Lagi, Denny Indrayana Kembali Gugat Pilgub Kalsel

publicanews - berita politik & hukumDenny Indrayana. (Foto: Instagram/dennyindrayana99)
PUBLICANEWS, Banjarmasin - Calon Gubernur Denny Indrayana belum bersedia mengakui kekalahan dalam pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalimantan Selatan. Mantan Guru Besar Hukum UGM itu akan kembali menggugat hasil PSU ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ulun (saya), Dr. Bambang Widjojanto, Dr. Heru Widodo, dan tim kuasa hukum sepakat memasukkan permohonan besok Senin di MK," kata Denny dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (20/6)

Denny menolak pandangan tidak mau mengakui kekalahan. Keputusan untuk kembali menggugat MK, katanya, karena ingin menegakkan Pilgub Kalsel tanpa kecurangan.

"Karena ikhtiar menegakkan Pilgub Kalsel yang luber, jujur, adil, demokratis, tanpa kecurangan, tanpa politik uang, memang amat layak diperjuangkan," ia menegaskan.

KPU Kalimantan Selatan telah menetapkan calon gubernur petahana Sahbirin Noor sebagai pemenang. PSU digelar di tujuh kecamatan pada tiga kabupaten/kota pada 9 Juni 2021 lalu atas perintah MK sebagai tindak lanjut gugatan Denny pasca hasil Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

Petahana yang berpasangan dengan mantan Walikota Banjarmasin Muhidin (BirinMU) meraih total 119.307 suara dalam PSU tersebut. Pasangan BirinMU berarti meraih 871.123 suara digabung hasil Pilgub Serentak.

Sedangkan Denny Indrayana yang berpasangan dengan mantan Wakil Bupati Tanah Bumbu Difriadi Derajat (H2D) meraih 57.100 suara. Total suara yang diraih H2D dalam dua pemungutan suara menjadi 871.123 suara.

Saksi suara H2D menolak menandatangani dokomen penetapan hasil rapat pleno rekapitulasi hasil PSU yang digelar di Hotel G'sgn Banjarmasin, Kamis (17/6) lalu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top