Pilkada 2020

Petahana Ungguli Deny Indrayana dalam PSU Ulang Pilgub Kalsel

publicanews - berita politik & hukumCalon Gubernur Kalsel Denny Indrayana. (Foto: Instagram/dennyindrayana99)
PUBLICANEWS, Banjarmasin - Hasil pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalimantan Selatan menunjukkan pasangan petahana Sahbirin Noor dan Muhidin unggul atas pasangan Denny Indrayana-Difriadi.

Dikutip dari https://pilkada2020.kpu.go.id, Kamis (10/6), pukul 11.00 Wita, petahana unggul 51,2 persen berbanding 48,8 persen. Perhitungan suara 9.058 dari 9.069 TSP atau sudah mencapai 99.88 persen.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengatakan data yang diunggah dalam laman KPU belum merupakan hasil resmi perhitungan suara. "Penetapan hasil rekapitulasi dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka," ujarnya, siang ini.

Atas hasil PSU ini, Denny Indrayana mengatakan masih banyak melihat pelanggaran, khususnya politik uang. "Kami pilih untuk terus memperjuangkan sampai titik peluh penghabisan, yaitu ke MK," ujar mantan Guru Besar Ilmu Hukum UGM itu kemarin.

Denny juga menemukan sejumlah fakta banyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak menerima undangan memilih.

Pada Pilkada serentak 2020 lalu, KPU Kalsel telah menetapkan kemenangan petahana dengan 851.822 suara atau 50,24 persen. Kemenangan tipis itu kemudian digugat pasangan Denny-Difriadi.

Mahkamah Konstitusi kemudian memutuskan untuk PSU ulang. PSU dilaksanakan pada satu kota dan dua kabupaten di Kalsel meliputi 301 TPS di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Selain itu, PSU dilakukan di lima kecamatan di Kabupaten Banjar, yakni Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul ada 502 TPS serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top