Pilwakot Solo 2020

Tak Rela Gibran Menang, PKS Usung Cucu Pakubuwono XII

publicanews - berita politik & hukumBRA Putri Woelan Sari Dewi, Cucu Paku Buwono XII, menemui PKS Solo. (Foto: Solopos)
PUBLICANEWS, Solo - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan ketidakrelaan Gibran Rakabuming Raka menang mudah di Pilwalkot Solo. PKS telah menyiapkan calon penantang, yaitu cucu Pakubowo XII, BRA Putri Woelan Sari Dewi.

Ketua DPW PKS Jawa Tengah Abdul Fikri Faqih mengatakan sudah menerima pendaftaran Putri Woelan. "Iya daftar ke PKS," ujar Abdul Fikri kepada wartawan, Senin (27/7).

Pertemuan sudah dilakukan untuk membahas Pilkada Solo 2020. Kemudian Putri Woelan mendaftar ke PKS sebagai bakal calon kepala daerah.

Desakan perlunya lawan bagi calon PDIP juga disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, kemarin. "Musibah jika lawan kotak kosong," katanya. PKS, ia menambahkan, tengah menjajaki dengan banyak pihak untuk menyiapkan lawan Gibran di Solo.

"Problemnya kursi PKS hanya lima. Perlu tambahan empat kursi. Ini sedang dialog dan komunikasi dengan semua pihak. Mohon doanya," kata Mardani.

Semula PKS berharap dari Partai Demokrat. Namun, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan hal tersebut tidak mungkin. “Tapi perlu diketahui, saya juga baru tahu ternyata Demokrat tidak ada kursi di Solo," ujarnya.

Peluang PKS dapat kongsi kian tipis, dari 45 kursi DPRD Surakarta sebanyak 30 kursi dikuasai PDIP. Sisa 15 kursi dengan rincian lima kursi untuk PKS, PSI satu kursi, dan masing-masing tiga kursi untuk Golkar, Gerindra, PAN.

Namun, Golkar, Gerindra, dan PAN telah menyatakan dukungannya untuk anak sulung Presiden Joko Widodo itu berpasangan dengan Teguh Prakosa. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah29 Juli 2020 | 13:45:48

    biar rame lah. Mosok lawan kotak kosong. 😀

Back to Top