KPK Bangun Siatem Cegah Potensi Suap Pemilu 2020

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan terus berkomitmen untuk berupaya melakukan pencegahan tindak pidana korupsi pada Pemilu 2020. Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan pencegahan nantinya dilakukan dengan pembangunan sistem dan lainnya. 

"Antara lain itu evaluasi. termasuk pemilu, termasuk agen antikorupsi, banyak sekali termasuk SDM lengkap," ujar Ali di Gedung KPK Jakarta, Kamis (2/1).

Ali mengatakan saat ini pimpinan KPK juga masih menyusun secara konkret sistem pencegahannya. "Nanti saya infokan agenda berikutnya. Tapi ini dalam minggu depan ke depan masih konsolidasi dalam pihak internal dan eksternal karena kan harus ada kejaksaan, kepolisian, BPK, dan seterusnya, tentunya kan itu perlu dibangun dari awal. sambil menyusun strategis ke depan," ujarnya.

Antisipasi suap pemilu ini dilakukan KPK lantaran dalam sidang Gubernur Kepulauan nonaktif Riau Nurdin Basirun, Kadis Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepulauan Riau (Kepri) Edy Sofyan bersaksi bahwa ia pernah dimintai Nurdin untuk mencari investor.

Nurdin saat itu sedang membutuhkan dana untuk membiayai saksi partai pada Pemilu 2019. Nurdin merupakan Ketua DPW Nasdem Kepri. (Han)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top