Pilkada 2020

Unik dan Simbolik, Cabup Sleman Adakan Cukur Gratis

publicanews - berita politik & hukumCukur gratis yang digelar bakal calon Bupati Sleman Supriyanto di teras rumah di kawasan Pasar Cebongan, Sleman, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Sleman - Bakal calon Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Supriyanto, punya cara sendiri untuk memperkenalkan diri kepada warga. Ia menggelar potong rambut gratis di tengah Pasar Cebongan, Mlati.

Kebetulan kemarin adalah Kliwon dalam penanggalan Jawa, kader PDIP itu memilih hari pasaran tersebut karena pengunjung pasar pas ramai-ramainya. Lapak 'cukur gratis' yang ia buka di sebuah teras rumah didatangi warga tanpa henti.

"Dari pagi sampai sore saya tidak berhenti cukur rambut warga yang sudah antre, tapi ya saya senang karena mas Antok (panggilan akrab Supriyanto) sudah sering adakan event seperti ini sejak jadi tim sukses kampanye pak Jokowi-Ma'ruf Amin kemarin," ujar penyelanggara acara cukur gratis Sukarmin, warga desa Sendangadi, Mlati, Sleman.

Supriyanto membenarkan jika acara tersebut dilakukan untuk sosialisasi bakal calon Bupati Sleman pada Pilkada 2020. Ia mengatakan, potong rambut dapat memberdayakan ekonomi rakyat.

"Peluang lapangan kerja, semestinya pemerintah memfasilitasi pelatihan dan bantuan modal usaha," ujar alumnus Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini dalam rilisnya, Jumat (28/11).

Cukur rambut juga kebutuhan primer sebagian besar orang, paling tidak tiap orang cukur rambut sebulan satu kali. Menurutnya, cukur rambut selain membuat penampilan jadi keren, juga punya makna simbolis, yakni bersih-bersih. Orang muslim jika berhaji atau akikah memotong rambut. Begitu juga orang Jawa saat ruwatan.

"Jadi potong rambut juga simbolis untuk bersih diri. Sleman terdepan birokrasinya, harus melayani dan kita cukur habis birokrat yang tidak melayani rakyat, suka korupsi, dan pungli," Antok menegaskan. (*/ian)

Berita Terkait

Komentar(2)

Login
  1. WE_A @WandiAli30 November 2019 | 18:50:09

    Cukur rambut sama dengan rapi, rapi itu indah ...

    Semua org pastinya ingin keindahan.

  2. Anak Gaul @gakasikah30 November 2019 | 17:54:35

    cocok nih, kerakyatan. wong cilik.

Back to Top