Akhirnya, TKA Dilarang Masuk Selama PPKM Level 4

publicanews - berita politik & hukumMenteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Foto: kemenkumham.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menerbitkan aturan melarang masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke Indonesia selama penerapan PPKM Level 4.

Yasonna menjelaskan larangan baru diterbitkan sekarang setelah pemerintah menyerap aspirasi masyarakat.

"Sekarang ini kita evaluasi kembali dan ada masukan-masukan dari masyarakat, kita sekarang mengambil pengetatan yang lebih ketat," kata Yasonna, Rabu (21/7).

Namun, pemerintah tetap memberi pengecualian terhadap lima klasifikasi, meliputi:

- Pemegang visa diplomatik dan visa dinas.
- Pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas.
- Pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap.
- Orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan.
- Awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Hal itu tertuang dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021. Beleid ini sekaligus menggantikan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Politikus PDIP itu menambahkan, TKA yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia.

Menurut Yasonna, perluasan pembatasan orang asing yang masuk ke Indonesia ini dilakukan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

Soal sampai kapan ketentuan berlaku, Yasonna mengatakan menunggu arahan Presiden Joko Widodo. "Kita akan melihat kelonggaran berikutnya, tergantung pada situasi," ujarnya.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan masa perpanjangan PPKM dengan istilah PPKM level 4 dan 3 yang berlaku hingga Minggu (25/7) mendatang. Menurut Jokowi, pelonggaran bisa dilakukan pada Senin (26/7) jika kasus Covid-19 telah mengalami penurunan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah25 Juli 2021 | 18:12:23

    Baguslah. Yamg penting alasannya masuk akal.

Back to Top