Bela TWK, Koalisi Masyarakat Sipil Sebut Hendardi Sarat Kepentingan

publicanews - berita politik & hukumProtes Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi soal Tes Wawasan Kebangsaan dan Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: ICW)
PUBLICANEWS, Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi tidak kaget dengan pernyataan Ketua Setara Institute Hendardi atas polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) pegawai KPK. Menurut Koalisi, Hendardi adalah salah satu figur yang meloloskan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK, orang yang menjadi aktor di balik skandal TWK.

"Jadi, apa yang ia sampaikan bagi kami sangat kental dengan nuansa konflik kepentingan," ujar anggota Koalisi Kurnia Ramadhana dalam rilisnya, Kamis (10/6).

Menurutnya, pernyataan Hendardi semakin memperlihatkan siapa-siapa saja jejaring aktor di balik pelemahan KPK, yang artinya bagian dari pelemahan pemberantasan korupsi.

Koalisi juga mempertanyakan apakah pernyataan dukungan terhadap TWK merupakan pernyataan Hendardi selaku individu, mantan Panitia Seleksi Pimpinan KPK, atau Ketua Setara Institute?

"Sebab, sepanjang pengetahuan kami, Setara Institute pernah melansir siaran pers dengan judul: TWK KPK Ala Firli Bahuri Melanggar Kebebasan Beragama Berkeyakinan, pada tanggal 9 Mei 2021," Kurnia mengingatkan.

Pagi tadi, Hendardi memberikan pernyataan atas pemanggilan Komnas HAM terhadap Firli Bahuri cs yang ia nilai tidak tepat. "Karena seperti hanya terpancing irama genderang yang ditabuh 51 pegawai KPK yang tidak lulus TWK," kata mantan Penasihat Kapolri Idham Azis itu. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top