Survei IndEX

Elektabilitas Duet Prabowo-Puan Kalahkan Semua Kandidat

publicanews - berita politik & hukumElektabilitas Duet Prabowo-Puan sebagai capres-cawapres capai 51,4 persen. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Duet Prabowo Subianto-Puan Maharani memiliki elektabilitas tertinggi. Survei terbaru Indonesia Elections and Strategic (IndEX) Research menyimpulkan elektabilitas Prabowo-Puan sebagai pasangan capres-cawapres mencapai 51,4 persen.

Peneliti IndEX Research Hendri Kurniawan mengatakan, elektabilitas tersebut berdasar simulasi dengan memasangkan Puan sebagai cawapres untuk Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil (RK), dan Anies Baswedan.

"Hasilnya, Prabowo-Puan unggul telak 51,4 persen, disusul Anies-Puan (30,6 persen), RK-Puan (9,2 persen), dan Ganjar-Puan (4,3 persen), serta sisanya tidak tahu/tidak jawab (4,5 persen)," ujar Hendri dalam rilisnya, Selasa (8/6).

Simulasi kedua yaitu menggabungkan keempat kandidat capres dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres.

Hasilnya tidak setinggi Prabowo-Puan. Duet Anies-AHY teratas dipilih 35,3 persen, disusul RK-AHY (31,2 persen), Prabowo-AHY (17,8 persen), dan Ganjar-AHY (10,1 persen). Terdapat 5,6 persen menjawab tidak tahu/tidak jawab.

Kemudian dibuat simulasi dengan menggandeng Sandiaga Uno sebagai cawapres. Hasil kombinasi tetap tidak ada yang berhasil mengungguli pasangan Prabowo-Puan.

Pasangan Prabowo-Sandi unggul dengan mendapat dukungan 28,8 persen, Anies-Sandi (25,3 persen), RK-Sandi (18,5 persen), dan Ganjar-Sandi (12,8 persen). Sebanyak 14,6 persen menjawab tidak tahu/tidak jawab.

Alternatif kelima yaitu menjodohkan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai cawapres. Hasilnya tetap di bawah Prabowo-Puan

Pasangan RK-Airlangga dipilih terbanyak dengan elektabilitas 24,8 persen, disusul Prabowo-Airlangga (23,7 persen), Ganjar-Airlangga (16,2 persen), dan Anies-Airlangga (10,3 persen). Jumlah yang tidak menjawab/tidak tahu melonjak di angka 25,0 persen.

Survei IndEX Research tersebut berlangsung pada 21—30 Mei 2021. Survei dilakukan melalui telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Jumlah responden 1.200 orang yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Toleransi kesalahan dalam survei ini 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah10 Juni 2021 | 03:21:23

    Wadaw...die lagi die lagi. Gak kapok ya? Penjahat tauk.

Back to Top