KPK Bantah Lempar Tanggung Jawab 75 Pegawai Tidak Lolos TWK

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua KPK Nurul Ghufron. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membantah pihaknya melempar tanggung jawab atas hasil uji Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bagi pegawai sebagai syarat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Ghufron mengatakan KPK akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kemenpan RB untuk menentukan langkah terhadap 75 pegawai yang tak lulus TWK.

"Hal ini bukan kami melempar tanggung jawab, namun untuk menyamakan persepsi dan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga yang tugas di bidang aparatur sipil negara," ujar Ghufron saat dikonfirmasi, Minggu (9/5).

BKN dan Kemenpan RB memiliki wewenang untuk menangani status ASN. Sementara KPK merupakan lembaga penegak hukum yang mengatur kepegawaian secara otonom dan berbeda dengan ASN.

"Secara materiil, mengapa itu kami lakukan, karena itu semua adalah proses hukum yang didasarkan pada pemahaman dan kondisi hukum sebelum adanya putusan MK atas uji materi dan formil terhadap UU Nomor 19 Tahun 2019," Ghufron menjelaskan.

Sebelumnya beredar bocoran potongan surat keputusan (SK) pimpinan KPK mengenai hasil asesemen tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK. Dalam SK itu tertulis jika 75 pegawai yang tak lolos uji TWK harus menyerahkan tugas dan tanggung jawabnya atau dinonaktifkan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top