Mahfud MD Segera Usut Penyelewengan Dana Otsus Papua

publicanews - berita politik & hukumMenko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Instagram/mohmahfurmd)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud MD segera mengumpulkan aparat penegak hukum sebagai tindak lanjut laporan dugaan penyalahgunaan dana otonomi khusus (otsus) Papua.

"Kami menindaklanjuti, kami mengumpulkan Kejaksaan Agung, KPK, Polri, untuk membawa aspirasi ini, penegakan hukum akan kita tindaklanjuti," ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/2).

Dugaan penyelewengan dana otsus diterima Mahfud dari Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi dan Sairei (FORKADA) Provinsi Papua di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.

Tokoh masyarakat Papua, Pendeta Albert Yoku, meminta Mahfud melakukan penegakan hukum tegas bagi pejabat-pejabat pemerintah daerah, yang diduga menyalahgunakan dana otsus tersebut.

Albert mengingatkan otsus adalah berkah besar dari pemerintah pusat untuk orang asli Papua. "Bila digunakan dengan baik akan jadi berkah, terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi," ujarnya.

Dana otsus Papua selama 20 tahun sejak 2002 telah mencapai Rp 138,65 triliun. Dalam enam tahun terakhir dana yang disalurkan ke Papua mencapai Rp 47 triliun dan Papua Barat Rp 21,27 triliun. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top