Istana Kirim Calon Kapolri Siang Ini, MUI Ingatkan Kemaslahatan

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengatakan surat presiden (Surpres) berisi calon Kapolri akan dikirimkan ke DPR, Rabu (13/1) siang ini.

"Rencananya siang ini, infonya sekitar jam 11.00-12.00 WIB," kata Ketua DPP Partai Golkar itu di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1).

Anggota Komisi III DPR itu menambahkan, Surpres akan diserahkan oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Ketua Komisi III Herman Hery mengatakan, Komisi III akan mengundang Kompolnas dan PPATK dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) pada Kamis besok, jika Surpres diterima Rabu ini.

Uji kepatutan dan kelayakanan bakal digelar awal pekan berikutnya. Namun, kebiasaan berkunjung ke rumah calon Kapolri ditiadakan karena masa pandemi Covid-19

Sementara itu, Ketua Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas soal ikut menyoroti calon Kapolri. Menurutnya, penunjukan seseorang menjadi Kapolri tidak hanya dengan pertimbangan kedekatan, loyalitas, dan profesionalitas.

"Tapi harus lebih luas dari itu, yaitu mana yang lebih besar maslahat dan manfaatnya bagi bangsa dan negara," ujarnya.

Anggota Dewan Pengawas KPK Syamduddin Haris pun ikut-ikutan mengomentari pandangan Ketua PP Muhammadiyah itu. ”MUI sekarang ikut ngurusi calon Kapolri ya,” peneliti senior pada Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI itu lewat akun Twitter-nya @syamsuddin haris.

Sebelumnya Kompolnas yang diketuai Mahfud MD telah mengirimkan surat berisi lima usulan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun di akhir Januari ini.

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar.

Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top