Panglima TNI Yakin CVR Black Box Sriwijaya Air Segera Ditemukan

publicanews - berita politik & hukumMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan keterangan saat kotak hitam SJ 182 ditemukan di Jakarta, Selasa (12/1). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan FDR black box 
pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah berhasil ditemukan. Selain flight data recorder (FDR) tim penyelam juga mencari cockpit voice recorder (CVR) black box.

"Pada pukul 16.40 WIB, KASAL melaporkan kembali bahwa FDR sudah ditemukan dan dilaporkan pula bahwa underwater locator beacon sebanyak dua. Artinya CVR masih perlu dicari dengan tanpa adanya bantuan yaitu beacon tersebut," kata Hadi di JICT II, Selasa (12/1).

Hadi meyakini tim akan segera berhasil menemukan CVR black box Sriwijaya Air SJ 182.

"Kami meyakini semua bahwa karena beacon yang ada di cockpit voice juga ditemukan di sekitar situ. Maka dengan keyakinan yang tinggi, cockpit voice juga akan segera ditemukan," ujarnya.

Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada I, Kolonel Laut (T) Wahyudin Arif mengatakan, penemuan FDR black box Sriwijaya Air SJ 182 terjadi di detik-detik terakhir jam operasional yang sudah ditentukan berakhir pukul 15.00 WIB.

"Kita terakhir menyelam itu jam 3. Tapi kebetulan jam 3 kurang 10 tadi itu, Alhamdulillah Mayor Iwan dan Putu berhasil menemukan black box itu di detik-detik terakhir. Karena kita memang sampai jam 3 sudah berada di atas," kata Arif dalam tayangan langsung yang kemudian diunggah akun Instagram @koarmada_1.

Penyelam TNI Angkatan Laut Mayor Laut Teknik Iwan menceritakan detik-detik pengangkatan FDR Black Box Sriwijaya Air SJ 182.

"Jadi didapatkan black box itu kan posisinya dari awal pembentukan tim SAR. Habis itu kita pencarian sekitar jam 11 dapat beacon-nya berikut di siang hari dapat casing FDR-nya dan penyelaman terakhir pas saya sama tiga rekan saya kita dapat FDR-nya," kata Iwan dikutip dari akun Instagram Jalasveva Jayamahe @jjm.tv.

Iwan mengatakan penemuan FDR bermula dari penemuan titik lokasi hingga kemudian pengangkatan bagian pesawat yang menutupi FDR. Pencarian hingga pengangkatan FDR dilakukan tim penyelam selama tiga hari. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top