Berapa Harga Sewa Heli Mewah, Seperti Firli KPK?

publicanews - berita politik & hukumKetua KPK Firli Bahuri menggunakan helikopter mewah milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO. (Foto: MAKI)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua KPK Firli Bahuri terus disorot menyusul kepergok bermewah-mewah menggunakan helikopter untuk ziarah ke makam keluarga di Baturaja, Sumatera Selatan. Koordinator MAKI Boyamin Saiman membagikan foto-foto Firli menaiki heli dari jenis Helimousine President Air tersebut.

Apa itu helimousine, seberapa mewahkah?

Helimousine adalah singkatan untuk helikopter limousine. Jelas kan, Anda bisa membayangkan mobil limo nan mewah --ini versi helikopter.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, berdasarkan pengakuan Firli, bosnya itu menyewa heli dari Palembang demi menghemat waktu. Firli cuti hanya sehari.

Berapa harga sewa heli?

Di Jakarta ada banyak perusahaan sewa atau carter helikopter. PT Air Pacific Utama, misalnya, membanderol Rp 250 ribu per orang untuk sekadar merasakan naik capung besi itu 10 menit di langit Tangerang, Banten. Sekali terbang, heli mengangkut lima penumpang. Mereka punya helipad di Lippo Karawaci.

Kalau sewa, Anda harus berkantung tebal. Harganya bisa lebih dari 2.000 dolar AS, dengan kurs hari ini berarti Rp 28 juta lebih.

Bagi sebagian kalangan pengusaha, menyewa helikopter bukan hal baru. Heli menjadi semacam taksi udara untuk menyiasati kemacetan Jakarta, bisa sewa kapan saja. Sejumlah atap gedung menjadi 'terminal' mereka, misalnya di Hotel Aryaduta di Jalan Prapatan Menteng, Hotel Aston di Jalan Sudirman, Citra Graha Building di Jalan Gatot Subroto, atau Hotel Shangri-La di Jalan Sudirman.

Firli Bahuri Naik Heli Mewah Demi Efisiensi Waktu

Memesan kursi helimousine juga mudah. Hanya dengan mengisi formulir permintaan penerbangan, lalu kirim lewat faksimili ke perusahaan rental heli. Pembayaran melalui kartu kredit atau transfer antarbank. Bayar tunai pun bisa, asal dalam bentuk dolar.

Tarifnya 150 dolar AS per kursi, plus pajak, untuk sekali antar ke tujuan di dalam Jakarta atau Bandara Soetta. Kira-kira sama dengan harga tiket pesawat Jakarta-Singapura. Jika Anda buru-buru, silakan bayar seluruh lima kursi heli.

Lain Air Pacific, lain pula Derazona atau Pelita Air Service. Kedua perusahaan sewa taksi udara ini tidak melayani carter eceran, melainkan mengenakan sistem sewa. Derazona, misalnya, hanya melayani penumpang carter untuk minimal dua jam. Tarif per jam 750 dolar AS, belum termasuk pajak.

"Lebih dari tiga jam, sewanya 300 dolar per jam," kata Dian dari bagian marketing Derazona, seperti pernah ditulis Tempo, pada 2019.

Lalu berapa Firli menyewa helimousine Palembang-Baturaja PP --jika benar dia menyewa? Cerita di atas bisa menjadi bahan perkiraan. Tapi biarlah nanti Dewan Pengawas KPK yang memutuskan. (oca)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah28 Juni 2020 | 15:32:54

    kelakuan lama gak diubah. Entw sudah di KPK nih bung.

Back to Top