Jokowi Digugat Pelaku UMKM, Dianggap Gagal Tangani Covid-19

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Setpres)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) digugat enam warga yang mewakili para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Gugatan diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Rabu (1/4).

Enggal, perwakilan penggugat, mengatakan class action diajukan lantaran Jokowi dinilai telah lalai dalam menangani pandemi virus Corona baru atau Covid-19.

"Pak Joko Widodo telah melakukan kelalaian dan kesembronoan dalam menangani Corona sejak awal wabah ini menginfeksi belahan dunia," ujar Enggal, Rabu sore.

Menurutnya, sebelum corona masuk ke Indonesia sebenarnya ada waktu dua bulan bagi pemerintah untuk mempersiapkan diri. "Namun, waktu tersebut justru tidak digunakan dengan baik," katanya.

Penyebaran virus corona yang sangat cepat, ia menambahkan, telah merugikan masyarakat secara materil dan imateril, khususnya sektor pekerja harian termasuk UMKM.

Para penggugat menilai Jokowi telah melanggar KUHP dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Mereka menuntut ganti rugi Rp 10 miliar atas penurunan pemasukan akibat merebaknya Covid-19. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top