Jokowi Jamin di Ibukota Baru Tak Ada Banjir dan Macet

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo saat meninjau lokasi ibukota baru RI Penajam Passer Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. (Foto: Facebook/@Jokowi)
PUBLICANEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo kembali memamerkan konsep pembangunan Ibukota baru RI di Penajam Passer Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Ia menegaskan tidak akan ditemukan banjir atau macet di Ibukota yang akan mulai dibangun pada 2021 itu.

"Ibukota yang hijau. Tidak banjir dan tidak macet," kata Jokowi saat memutarkan video wajah ibukota baru di acara Indonesia Digital Economy Summit yang digelar Microsoft di Jakarta, Kamis (27/2).

Saat menjamin tidak akan banjir dan macet, peserta tampak tertawa. Maklum, karena dalam sebulan terakhir ini, Ibukota Jakarta dilanda beberapa kali banjir.

Jokowi memaparkan bahwa konsep ibukota baru mengedepankan tata ruang yang baik. "Green city, smart city, compact city. Banyak pedestrian, banyak orang berjalan kaki, bersepeda. Mobil harus elektrik. Dan pada lompatan berikut, autonomous (kendaraan tanpa awak)," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengajak para pelaku ekonomi digital terlibat dalam pembanguan ibukota. Ia mengatakan semangat baru dalam kepindahan ibukota tidak hanya sekadar pindah gedung.

"Kita ingin pindah cara kerja. Kita ingin instal sistem baru yang cepat dan efisien. Pindah budaya kerja. Kita ingin bangun basis ekonomi baru berbasis IPTEK dan inovasi, dan pindah dari analog ke sepenuhnya digital," ujar Jokowi. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top