Din Syamsuddin Usulkan Partai Islam Tunggal

publicanews - berita politik & hukumDin Syamsuddin dalam Sidang Pleno III Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (27/2). (Foto: minanews)
PUBLICANEWS, Pangkal Pinang - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Din Syamsuddin mewacanakan perlunya partai Islam melebur dalam satu partai. Ia menyebutkan 'Masyumi reborn' dibutuhkan agar bisa merebut posisi strategis di arena nasional.

Menurut Din, terjadi masalah yang dihadapi umat Islam, dalam hal ini pendukung politik Islam formal yang diwakili oleh pendukung partai-partai politik berdasarkan Islam dan partai-partai politik yang berbasis massa Islam.

"Adanya kesenjangan antara angka demografis umat Islam dan perolehan partai-partai (Islam) tersebut dalam politik elektoral," kata Din dalam Sidang Pleno III Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (27/2).

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menilai politik merupakan bidang yang paling krusial bagi umat Islam karena menentukan keberadaan suatu kelompok dalam kehidupan nasional.

Ia mendorong perlunya parpol Islam tunggal yang secara formal berfungsi sebagai kendaraan politik tokoh-tokoh umat Islam dan sarana artikulasi aspirasi politik umat Islam.

Di sisi lain, Din juga tetap mendorong diaspora para aktivis Islam masuk ke berbagai parpol sebagai sarana dakwah politik (al-da'wah bi al-siyasah). Din menilai kedua opsi tersebut bisa dijalankan bersamaan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top