Amien Rais Tuding Kubu Zulhas di Balik Ricuh Kongres V PAN

publicanews - berita politik & hukumVideo Amien Rais menanggapi Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (27/2). (foto: Instagram @amienraisofficial)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Deklarator Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais buka suara menyikapi Kongres V PAN yang berdarah di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada 10 hingga 12 Februari 2020 silam. Ia menyampaikan permintaan maaf atas insiden buruk dalam kongres yang memilih ketua umum itu.

"Saya betul-betul mohon maaf kepada saudara-saudaraku yang hampir sepuluh juta pemilih PAN bahwa PAN telah menyuguhkan perhelatan nasional, namanya Kongres Nasional yang ke-5 itu, yang penuh dengan keonaran. Masya Allah, betul-betul ini telah melukai PAN dari ujung kaki sampai ujung kepala," ujar Amien lewat akun official Instagram miliknya @amienraisofficial, Kamis (27/2).

Dalam video berdurasi 7 menit 40 detik itu, Amien menuding kubu Zulkifli Hasan memicu ricuhnya kongres. Zulhas, sapaan Zulkifli, dinilai banyak melakukan hal yang tak pantas, seperti pelanggaran AD/ART, kemudian pemilihan panitia pelaksana (OC) dan panitia pengarah (SC) yang tidak adil.

Ia menyebutkan pendukung besannya itu menolak verifikasi yang berujung adu mulut dan saling ejek, hingga kursi berterbangan. Kubu Mufachri Harahap yang ia dukung sebagai caketum PAN periode 2020-2025 babak belur.

"Saya sampai tidak tahan menitikkan air mata, ketika kepala mereka mengalir darah, kemudian jahitan sampe 10 jahitan, ada yang lehernya. Pokoknya saya tidak kuasa menceritakan ini. Semuanya itu 30 dari peserta yang mendukung Mulfachri-Hanafi (Rais). Ini harus ada pertanggungjawabannya," ujarnya.

Amien meminta agar pemerintah tidak mengesahkan hasil Kongres V PAN. Menurutnya, Kongres V PAN telah berakhir dengan ugal-ugalan. "Jangan disahkan dulu karena segera kami ada tim yang sudah memberi tahu saya membawa sebuah bukti yang cukup lengkap bagaimana yang sesungguhnya terjadi, apa yang terjadi pada kongres di Kendari itu," Amien menambahkan.

Kepada Zulhas, Amien mendesak agar tidak melanjutkan cara-cara dalam kongres yang akan menghancurkan PAN. Ia mengingatkan pembenci PAN sangat senang meilihat rusuh Kongres PAN.

"Jangan main seperti kemarin, ini bangsa Indonesia melototi partai kita ini dan yang benci pada PAN itu saliva atau air liurnya itu sudah senang sekali begitu karena sudah sempat menghajar kita," katanya.

Pada akhir video, Amien Rais mengatakan penyelidikan masih berlanjut dan diserahkan kepada Fact-Finding Group PAN. Ia juga menuntut Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN periode 2020-2025 untuk menyelesaikan masalah yang telah mencoreng reputasi partai. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top