PDIP Tangkap Sinyal PAN Masuk Barisan Jokowi

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo bertemu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Istana Bogor, Jawa Barat, 22 Mei 2019. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto menyambut gembira wacana PAN bergabung dalam koalisi pemerintah. Ia tidak mempersoalkan partai pendukung Jokowi makin banyak.

"Kalau saya, ya makin banyak yang mendukung ya makin baik," kata Bambang yang akrab disapa Pacul itu kepada wartawan di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2).

Namun, Pacul menambahkan, belum ada pembahasan mengenai sinyal PAN yang hendak bergabung. Andaikan masuk koalisi pemerintah, ia berharap akan dinyatakan secara resmi.

Sinyal masuknya PAN disinggung Ketua Umum terpilih PAN Zulkifli Hasan. Dalam sambutan penutupan Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, kemarin, ia mengatakan PAN akan rugi bila ikut menjadi oposisi seperti PKS.

"Kalau kita ikut masuk ke situ, isu oposisi yang sudah diambil oleh itu teman kita partai itu akan sangat merugikan kita," ujar pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Zulhas menjelaskan, PAN akan menentukan positioning dengan mengandaikan tidak akan memilih untuk bermusuhan dengan banyak orang.

Sikap Zulhas yang condong pro Jokowi itu kemudian ditanggapi Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. "Kami justru (menilai) yang pro pemerintah sudah penuh sesak. Partai justru perlu ruang gerak yang luas,” katanya.

Menurut Mardani, PKS memilih di luar pemerintahan karena ingin menjalankan mekanisme check and ballances. "Demokrasi Indonesia justru perlu. PKS yakin insya Allah pilihan #KamiOposisi sehat dan baik bagi demokrasi Indonesia,” ujar anggota DPR itu.

Diketahui Zulhas terpilih kembali menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Ia menang tipis 6 suara dari pesaingnya Mulfachri Harahap, kandidat yang didukung Amien Rais. Zulhas mendapat 331 suara sedangkan Ketua Fraksi PAN di DPR itu didukung 225 suara. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top