Pemerintah Waspadai WNI eks Kombatan ISIS Pulang Lewat Filipina

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
PUBLICANEWS, Jakarta - Kombatan ISIS asal Indonesia diperkirakan akan kembali ke Tanah Air lewat jalur laut dari perairan Filipina. Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Laksdya TNI Achmad Djamaludin mengantakan, antisipasi telah dilakukan kepolisian, Bais TNI, dan BIN.

"Larinya kan akan paling banyak ke wilayah Asia Tenggara, khususnya Filipina. Itu jalurnya paling banyak ke sana," ujar Achmad di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Kemarin, Menko Polhukam Mahfud MD mengingatkan perlunya kewaspadaan atas kepulangan eks kombatan Negara Islam di Suriah dan Irak (ISIS) melalui negara yang bebas visa atau jalur tikus.

"Kalau lewat jalur tikus ya ditangkap dong. Yang problem itu kalau mereka ada yang menyembunyikan paspor, bilang paspornya cuma pura-pura dibakar, lalu lewat jalur-jalur gelap," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Mahfud tidak bersedia merinci langkah-langkah antisipasi untuk mencegah masuknya petempur teroris asing (Foreign Terrorist Fighter/FTF).

Diketahui Pemerintah tidak akan memulangkan FTF, antara lain 689 WNI eks ISIS yang kini di kamp pengungsian di Suriah, Turki, dan Timur Tengah. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top