Penutupan Kongres PAN Tanpa Amien Rais

publicanews - berita politik & hukumKetua Umum PAN terpilih periode 2020-2025 Zulkifli Hasan (tengah) bersama tokoh senior PAN Hatta Rajasa dan Sutrisno Bachir usai perhitungan suara saat Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Kendari - Penutupan Kongres V PAN berlangsung tanpa kehadiran Amien Rais. Di deretan kursi terdepan juga tidak tampak anak Amien Rais, Hanafi Rais. Demikian pula rival Ketua Umum terpilih Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap.

Acara penutupan yang berlangsung di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/2), dihadiri Ketua Majelis Penasihat Partai Hatta Rajasa. Besan Susilo Bambang Yuhoyono itu duduk di kursi terdepan bersama, antara lain, Asman Abnur, Yandri Susanto, Eddy Soeparno, Bima Arya, dan Totok Daryanto.

Zulkifili dalam sambutannya meminta maaf karena kongres berlangsung ricuh. “Karena ada pihak luar yang terlibat maka terjadilah apa yang kita saksikan kemarin (kursi-kursi melayang),” kata Wakil Ketua MPR itu.

Secara khusus pria yang disapa Zulhas itu meminta maaf kepada Amien Rais. "Saya mohon maaf ke Pak Amien, Bu Amien, dan keluarga atas apa yang terjadi. Dan mudah-mudahan pada kesempatan yang tepat nanti saya akan datang ke Yogya," ujar Zulhas.

Sementara Hata Rajasa mengatakan, Zulkifli akan merumuskan kebijakan 5 tahun ke depan. "Ujian pertama kita dan harus kita jalankan dengan mulus adalah memenangkan pilkada-pilkada di seluruh Tanah Air. Bangun kekuatan, sinergikan dengan masyarakat," ujar mantan Ketua Umum PAN itu.

Kongres PAN sempat ricuh antara kubu Zulhas dan Mulfachri Harahap. Bahkan, dua kubu saling lempar kursi sehingga tak kurang 30 orang pendukung Mulfachri terluka. Setelah kongres yang ricuh itu, pemilihan ketua umum dipercepat.

Zulhas berhasil mengungguli Ketua Fraksi PAN di DPR itu. Ia unggul 6 suara (331 berbanding 225) dan terpilih sebagai Ketua Umum PAN Periode 2020-2025. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top