Zulhas Kalahkan Loyalis Amien Rais

publicanews - berita politik & hukumZulkifli Hasan terpilih kembali sebagai Ketua Umum PAN periode 2020-2025 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Kendari - Petahana Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menang suara dalam persaingan memimpin Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025.

Zulhas mendapatkan 331 suara meninggalkan pesaing kuat Mulfachri Harahap yang memperoleh dukungan 225. Mulfachri dalam kompetisi ini menggandeng Hanafi Rais yang akan diposisikan sebagai Sekjen partai.

Mulfachri yang menjabat Ketua Fraksi PAN di DPR itu juga mendapat dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Sedangkan loyalis Amien Rais, Drajad Wibowo, hanya mendapat 6 suara. Calon ketua umum mantan Menpan-RB Asman Abnur telah mundur menjelang pemungutan suara dan mengalihkan dukungan pada Zulhas.

"Dengan hasil sebagaimana saya umumkan itu, maka dengan mengucap bismillah, Saudaraku Zul ditetapkan menjadi Ketum PAN periode 2020-2025," kata pimpinan rapat pemilihan ketum Totok Daryanto di ballroom Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (11/2).

Saat memberikan sambutan kemenangannya, Zulhas meminjam istilah smackdown dari besannya Amien Rais. Meski kekerasan terjadi di awal, ia menegaskan, akhirnya akan kembali bersikap baik.

"Tentu semua karena pendiri partai kita, tokoh reformasi, Pak Amien Rais," Zulhas menandaskan.

Diketahui sebelum pemungutan suara terjadi insiden saling lempar kursi antara peserta dari kubu Zulhas dan Mulfachri.

Kemenangan Zulhas ini banyak disebut bila pengaruh Amien Rais sudah tidak menentukan lagi dalam pemilihan ketua umum partai yang ikut dibidaninya pasca reformasi itu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top