Amien Rais Dievakuasi Saat Bentrok Berdarah di Kongres PAN

publicanews - berita politik & hukumRicuh dalam Kongres V PAN di Hotel Clarion, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Kendari - Peristiwa memilukan terjadi dalam kongres PAN di Hotel Clarion, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2).

Peserta kongres saling lempar kursi membuat puluhan orang terluka, seperti kepala bocor. Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais harus dievakuasi dari arena kongres.

Calon Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap mengatakan, 30 pendukungnya mengalami luka di kepala akibat terkena lemparan kursi.

"Dari kami ada 30-an korban. Mereka berdarah," ujar Mulfachri di area Kongres V PAN, Selasa sore.

Pintu ballroom hotel pecah, kaca berserekan. Menurut Mulfachri, bentrok antarpeserta disebabkan masalah daftar yang tidak dituntaskan sejak kemarin. Ia mendesak dilakukan sterilisasi ruang sidang tetapi tak diindahkan.

Seharusnya, ia menambahkan, peserta yang tidak memiliki hak suara tidak boleh masuk di ruangan, sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

"Banyak dari mereka yang enggak mau keluar dari ruangan. Akibatnya bentrok fisik terjadi," ujar Ketua Fraksi PAN di DPR itu

Ketua Umum Zulkifli Hasan ikut berusaha menenangkan peserta tetapi keributan tetap tak terhindarkan. "Zulhas di sini saudara-saudaraku, duduk di kursi masing-masing. Lempar-lempar setop, cukup-cukup, ambil tempat duduk masing-masing," kata Zulkifli.

Sekretaris SC Saleh Partaonan Daulay mengatakan akibat keributan itu, sidang diskors untuk sterilisasi kepesertaan. Panitia akan kembali mendata peserta yang diperbolehkan masuk sidang pleno.

Kongres V PAN ini sedianya akan memilih Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Terdapat empat kandidat, yaitu petahana Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Wakil Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo, dan mantan Menpan-RB Asman Abnur. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo11 Februari 2020 | 19:25:13

    pengaruh buruk panutannya kale. laper amat ama kekuasaan.

Back to Top