Dewas Bantah Hambat KPK Tangani Kasus Korupsi

publicanews - berita politik & hukumDewas KPK dalam keterangan pers, di Gedung ACLC C1 KPK, Selasa (14/1) (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) menegaskan kehadiran mereka bukan untuk menghambat komisi antirasuah dalam menangani perkara korupsi.

Ketua Dewas Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan Dewas berkomitmen mendukung serta menjamin kerja KPK sesuai aturan perundang-undangan.

"Kami komitmen berlima mendukung semuanya apa yang dilaksanakan oleh KPK tapi tentunya harus berdasarkan ketentuan hukum yang ada. Jadi kami memberikan jaminan terhadap apa yang dilakukan oleh KPK itu memang sudah selaras tidak bertentangan dengan hukum yang ada.," kata Tumpak di Gedung ACLC C1, Selasa (14/1).

Tumpak mengatakan kehadiran Dewas KPK sebagaimana diatur dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK mempunyai banyak tugas. Antara lain, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, menyusun dan menetapkan kode etik bagi pimpinan dan pegawai KPK. Memberikan izin tertulis terhadap penggeledahan, penyadapan, dan penyitaan.

"Kemudian kami juga evaluasi kinerja KPK secara berkala, paling tidak 1x1 tahun. dan kami Dewas akan berikan laporan pelaksanaan tugas kepada presiden dan DPR," ujar Tumpak.

Di kesempatan yang sama Wakil Ketua Dewas Syamsuddin Haris juga menyebut kehadiran Dewas itu untuk memastikan prosedur penindakan yang dilakukan KPK sesuai hukum.

"Makanya mekanisme atau prosedur izin di dalam undang-undang nomor 19 tahun 2019 itu dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan akuntabilitas prosedur penindakan di KPK," ujar Syamsuddin. (Han)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top