Konflik Internal Partai

Panita Munas Golkar Tetap Syaratkan Dukungan 30 Persen Caketum

publicanews - berita politik & hukumWakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Foto: MPR-RI)
PUBLICANEWS, Jakarta - Panitia Penyelenggara Munas Golkar menerima 9 pendaftar yang bakal bersaing memperebutkan posisi bakal calon ketua umum. Namun, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan petahana Airlangga Hartarto belum mengembalikan formulir pendaftaran.

"Pengembalian berkas pendaftaran hingga malam ini pukul 22.00 WIB," kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Munas Golkar Sebastian Salang di Jakarta, Senin (2/12).

Menurut Sebastian, kesembilan pendaftar selain Bamsoet dan Airlangga,adalah Achmad Anama, Ridwan Hisjam, Indra Bambang Utoyo, Agun Gunandjar Sudarso, Derek Lopaty, Ali Yahya, dan Aris Manji.

Sebastian menambahkan, mengenai persyaratan tertulis adanya dukungan 30 persen suara akan diputuskan dalam musyawarah nasional (munas) yang akan mulai digelar Selasa besok.

Pembuktian 30 persen dukungan, ujarnya, menjadi syarat untuk bisa ditetapkan sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024. Namun, syarat tersebut mengundang reaksi bakal calon ketua umum lainnya. Kubu Bamsoet mengatakan syarat 30 persen bisa menimbulkan perpecahan Partai Golkar.

Tim pemenangan Bamsoet, Cyrillus Kerong, menyatakan tidak akan ikut dalam pertarungan pemilihan Ketum Golkar bila syarat tersebut diterapkan. Ia menyebut syarat tersebut bertentangan dengan AS/ART.

Cyrillus mengancam kubu Bamsoet, Wakil Koordinator Bidang (Wakorbid) Pratama, akan membuat munas tandingan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top