KSAU Korsel Mundur Karena Kasus Bunuh Diri Korban Pelecehan Seksual

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi, perempuan angkatan udara Korea Selatan. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Seoul - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Korea Selatan Jenderal Lee Seong-yong mengundurkan diri menyusul kematian anggotanya setelah menerima pelecehan seksual. Ironisnya, kasus ini terjadi di pangkalan militer.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya, Lee meminta maaf dan menyatakan bertanggung jawab atas kasus bunuh diri perempuan sersan utama angkatan udara ini pada Maret lalu.

"Saya merasa tanggung jawab berat atas serangkaian keadaan,” kata sang jenderal, seperti dikutip Aljazeera, Sabtu (5/6).

Presiden Moon Jae-in segera menerima pengunduran diri Lee. Ini menjadikan Lee sebagai KSAU tersingkat. Ia diangkat pada September 2020.

Keluarga korban mengatakan anaknya menderita tekanan mental dan intimidasi terus-menerus menyusul pelecehan seksual yang dialaminya. Mereka menuduh Angkatan Udara menutup-nutupi kasus ini dan membungkamnya selama dua bulan terakhir.

Kasus tersebut memicu kemarahan publik setelah keluarga wanita itu mengajukan petisi ke kantor Presiden Moon pada Selasa. Publik menyerukan penyelidikan menyeluruh dan menghukum mereka yang terlibat. Petisi diteken lebih dari 326 ribu orang.

Keluarga korban yang tak disebutkan identitasnya melaporkan tiga pejabat pangkalan AU ke jaksa militer. Dua diantaranya kemudian dipecat.

Kemarin, jaksa militer menggerebek markas polisi militer angkatan udara. Investigasi sedang berlangsung, tetapi sejauh ini Angkatan Udara berusaha melindungi organisasinya sendiri, bukan sang korban.

Kematian wanita militer itu terjadi di tengah diskusi yang berkembang tentang apakah semua pria Korsel wajib militer selama dua tahun. Sementara perempuan dapat menjadi sukarelawan militer.

Kekerasan dan pelecehan seksual telah lama menodai dinas militer Korsel dan mengakibatkan beberapa kasus bunuh diri di masa lalu.

Pada Maret lalu, seorang tentara transgender yang diberhentikan dari dinas setelah operasi kelamin akhirnya bunuh diri. (oca)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah08 Juni 2021 | 03:56:07

    Jantan. Laki.berani gak lo? Layak diconto!

Back to Top