Turki

Pernah Jadi Idola, Penulis Kondang Harun Yahya Divonis 1.075 Tahun Penjara

publicanews - berita politik & hukumPenulis Turki, Adnan Oktar alias Harun Yahya (tengah), saat diamankan anggota kepolisian setempat. (Foto: AFP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penulis kondang Turki Adnan Oktar alias Harun Yahya (64), divonis 1.075 tahun penjara. Ia terbukti atas serangakain tindak pidana, salah satunya kejahatan seksual.

Pada dasawarsa 90'an, Oktar yang menggabungkan nama baru dari nabi Harun dan nabi Yahya itu menulis buku Atlas Penciptaan. Ia menyangkal Teori Evolusi Charles Darwin. Nama Harun Yahya menjadi idola termasuk bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Vonis Oktar ini menjadi trending topic di linimasa Twitter, Selasa (12/1). Tokoh muda muslim Indonesia Akhmad Sahal mencuit Da’i seleb asal Turki ini lumayan banyak penggemarnya di Indonesia.,

"Krn dianggap memadukan agama dan sains. Pdhl abal2 (pseudo sains) dan cocoklogi. Harun Yahya jg terbukti ustad penipu dan kriminal," Akhmad Sahal mencuit lewat akun Twitternya, @Sahal_AS.

Hal senada disampaikan tokoh NU Ulil Abshar-Abdalla. Ia menyentil Mendikbud Nadiem Makarim mengenai buku biologi yang mengutip Harun Yahya.

"Ini keterlaluan. Buku biologi yg diajarkan di sekolah mengutip Harun Yahya, itu seperti buku ajar ttg ilmu hadis mengutip pendapat sarjana akuntansi yg ndak ngerti sama sekali soal hadis. Keterlaluan. Monggo, Masmenteri @nadiemmakarim, dilacak ini,"
Ulil mencuit pagi ini.

Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko mengatakan Oktar pernah menjadi idola. "Mengagumkan memang..Nyaris SENDIRIAN dia melawan Darwin, Hawking, Dawkins dll," cuitnya.

Hakim pengadilan Turki menyatakan Harun terbukti melakukan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Selain itu ia terbukti melakukan penipuan dan mencoba memata-matai pemerintah dalam hal politik dan militer.

Oktar ditangkap pada Juni 2018. Ia membantah terlibat dalam banyak skandal dengan perempuan, termasuk pemilikan 69 ribu pil KB di rumahnya. Oktar juga membantah mempunyai hubungan dengan pemuka agama Fethullah Gulen, yang saat ini menjadi buron pemerintah Turki karena terlibat kudeta pada 2016 lalu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo12 Januari 2021 | 10:21:18

    Busyet, kapan keluar dari penjaranya? Lamaaaaa amirrrrrr..... 😥☻🤣

Back to Top