Media Asing Ulas Kepulangan Rizieq Syihab

publicanews - berita politik & hukumRizieq Syihab dari Bandara Soekarno Hatta menuju rumahnya di Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11). (Foto: ABC News)
PUBLICANEWS, Jakarta - Media asing ikut memberitakan kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab. Mereka menyertakan foto-foto perjalanan RIzieq di tengah lautan massa penjemput dari Bandara Soekarno Hatta, di tol, hingga rumahnya di Petamburan, Jakarta.

"Pendukung memadati bandara untuk menyambut kepulangan ulama kontroversial Indonesia," Reuters menulis, Selasa (10/11).

Selain memajang foto kerumunan penjemput, Reuters juga melukiskan padatnya masyarakat berpakaian serba putih sejak pagi di bandara yang melumpuhkan jalan tol dan saling berebut untuk mencium tangan.

"Seorang pemimpin ulama dan pemimpin Islamis yang pergi ke pengasingan di Arab Saudi setelah menghadapi dakwaan atas pesan pornografi dan penghinaan ideologi negara," tulisnya.

Reuters juga menampilkan wawancara dengan pendukung Rizieq. "Kami sangat merindukannya karena kami tahu dia sangat memperjuangkan Islam dan bangsa Indonesia. Saya berharap muslim bisa bersatu,” kata Abdul Sobur (42) yang berada di antara kerumunan itu.

“Saya sudah lama menunggu kehadirannya di kalangan umat Islam Indonesia karena Indonesia negara Islam terbesar, jadi harus ada imam yang memimpin orang-orang di sini,” ujar Ima Sari Kartika (39).

Reuters juga menyebutkan Rizieq pernah dipenjara pada 2008 atas tuduhan tindakan kekerasan. Rizieq disebut sebagai tokoh Islam konservatif. Melalui gerakan politik berhasil menjatuhkan Gubernur Jakarta yang beragama Kristen, Basuki Tjahaja Purnama, pada 2017. Kemudian Ahok berhasil dipenjarakan karena menghina Islam.

Kepulangan Rizieq juga diberitakan Associated Press (AP). Selain menggambarkan kepadatan massa penyambut Rizieq diiringi teriakan Allahu Akbar.

Senada dengan Reuters, AP juga menyebutkan bahwa Rizieq melalui FPI telah menyelenggarakan protes besar-besaran di jalanan sepanjang 2016 dan 2017. "(FPI) adalah penyelenggara utama protes besar-besaran di jalanan pada 2016 dan 2017 terhadap Gubernur Jakarta (Basuki Tjahaja Purnama), yang kemudian dipenjara karena (tuduhan) penistaan agama".

AP memuat pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebutkan Pemerintah Indonesia tidak menghalangi kepulangan Rizieq. Kemudian penjelasan dari Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel yang menyatakan Rizieq pulang ke Indonesia setelah masuk daftar deportasi.

Rizieq pulang juga diberitakan media asing lainnya seperti ABC News, Washington Times, The Gazette, Daily Herald, CityNews Toronto, MSN News, dan Channel News Asia. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top