Inggris

Hindari Ciuman di Hari Valentine

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
PUBLICANEWS, London - Anda berniat merayakan Hari Valentine bersama kekasih pada Jumat (14/2) besok? Ada baiknya simak nasihat John Oxford, ahli virus dari Universitas Queen Mary, London, Inggris.

"Jaga tangan dan bibirmu. Hindari saling berpelukan dan berciuman," katanya, seperti ditulis The Sun, Kamis (13/2).

Oxford menyampaikan hal itu untuk memperingatkan warga Inggris akan bahaya virus Corona. Menurutnya, hanya mengenakan masker untuk mencegah penularan virus mematikan itu merupakan tindakan pengamanan yang keliru.

Ia menyebut virus Corona sebagai 'virus sosial', penularannya lebih banyak melalui kontak sosial. Dan 'sialnya', orang Inggris gemar berkumpul ketika merayakan hari-hari tertentu, seperti Hari Valentine atau hari kasih sayang. Umumnya mereka akan melakukan kencan romantis.

“Coronavirus adalah virus sosial. Orang Inggris mungkin lebih membencinya dibanding orang China karena kita adalah warga yang gemar berkumpul, saling berdekatan," ujar Oxford.

Menjaga jarak dengan orang lain merupakan kata kunci untuk menghindari penularan virus. Oleh karena itu, Oxford juga mengingatkan pasangan kekasih untuk tidak dulu berbagi tempat tidur sebelum memastikan pasangannya aman dari virus Corona.

"Virus ini ditularkan melalui pernapasan, jadi jarak dua jengkal saja sudah cukup membuat Anda tertular," katanya.

Namun nasihat Oxford diprotes koleganya sesama ahli virus. Menurut Hugh Pennington dari Universitas Aberdeen, terlalu dini untuk memastikan pelukan dan ciuman di Hari Valentine akan memperbesar risiko tertular virus yang merebak pertama kali di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, itu.

Tidak semua orang bisa menularkan virus. “Yang harus Anda hindari adalah mencium seseorang yang baru saja keluar dari negara berisiko tinggi, seperti China atau Singapura," ujarnya.

Jika Anda belum pernah bepergian ke Tiongkok atau negara-negara yang ditetapkan berisiko tinggi terhadap virus Corona, Anda tak perlu khawatir.

"Silakan lakukan kencan intim di Hari Valentine sebanyak yang Anda inginkan, Anda mungkin akan ketularan 'sesuatu', tapi pasti bukan virus Corona," kata Pennington. (oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top