Presiden Brasil Tuduh Aktor Leonardo DiCaprio Bayar Pembakar Hutan Amazon

publicanews - berita politik & hukumAktor Hollywood Leonardo DiCaprio. (Foto: Reuters)
PUBLICANEWS, Brasilia - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh aktor Hollywood Leonardo DiCaprio membiayai kebakaran yang disengaja di hutan hujan Amazon. Pernyataan Bolsonaro itu bagian dari kampanye menyudutkan kelompok nirlaba lingkungan yang beroperasi di Negeri Samba, kemarin.

"Tuan DiCaprio adalah pria yang keren, bukan? Ia memberi uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro sinis, di hadapan pendukungnya di Ibukota Brasilia, seperti ditulis The Rio Times, Sabtu (30/11).

Klaim politisi nasionalis-populis terhadap bintang film Titanic itu menyusul tuduhan di media sosial bahwa LSM World Wildlife Fund (WWF) membayar foto-foto yang diambil oleh relawan pemadam kebakaran Amazon.

DiCaprio, melalui LSM Earth Alliance, menyumbang 5 juta dolar AS, atau Rp 70 miliar lebih, untuk melindungi hutan hujan terbesar di dunia.

Otoritas Brasil sempat menangkap empat relawan dalam penyerbuan polisi ke markas dua LSM di Negara Bagian Para, Amazon, awal pekan ini. Polisi menuduh mereka sengaja membakar hutan agar mendapat proyek untuk pemadaman. Namun kemudian mereka dilepas pada Kamis (28/11) karena protes publik.

DiCaprio membantah telah menyumbang WWF sebesar 300 ribu dolar AS untuk pengerahan relawan. Namun ia mendukung 'orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam' tersebut.

"Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang dituduhkan tersebut," kata aktor 45 tahun itu.

Kantor WWF Brasil juga menolak tudingan Presiden Bolsonaro. "WWF Brasil menolak serangan terhadap mitra kami dan kebohongan yang melibatkan namanya, termasuk serangkaian serangan media sosial berbasis kebohongan seperti soal pengambilan foto-foto untuk mendapat sumbangan dari aktor Leonardo DiCaprio," begitu rilis mereka.

Presiden Brasil sering menarget para aktivis lingkungan dan LSM yang gencar mengkampanyekan perlindungan terhadap Amazon. Melalui tayangan live di akun Facebook, ia mengatakan pada Agustus lalu ada dua LSM melakukan perjalanan ke Amazon untuk 'membakar hutan'.

Namun Bolsonaro mengakui tidak punya bukti-bukti. "DiCaprio berkolaborasi dengan pembakar Amazon. Bisa saja ini sebagai bagian dari kampanye internasional melawan Brasil," ujarnya.

Putra Bolsonaro, Eduardo, ikut-ikutan mencuit bahwa aktor AS peraih Academy Awards 2016 itu telah menyumbang LSM yang membakar Amazon.

Sebaliknya, lawan politik Bolsonaro menertawakan tudingan bapak-anak tersebut. "Menuduh Leonardo DiCaprio membayar pembakar Amazon itu menyedihkan. Kebohongan yang disengaja itu akan terungkap," ujarnya.

Sekadar diketahui, Bolsonaro dan Menteri Lingkungan Hidup Ricardo Salles tengah gencar mempromosikan pembangunan di beberapa area hutan lindung Amazon. Itu artinya mereka harus membuka lahan baru. (ian)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo30 November 2019 | 19:03:31

    mosok seh... kacangan amat... sembrono tuh tuduhannya.

Back to Top