Sisi Gelap K-Pop

Dua Bintang K-Pop Dipenjara Karena Perkosa dan Olok-olok Korban

publicanews - berita politik & hukumBintang K-Pop Jung Joon-yung saat hendak menjalani pemeriksaan di Kantor Kepolisian Metro Seoul, Korsel, 14 Maret 2019. (Foto: Reuter)
PUBLICANEWS, Seoul - Maafkan, ini masih tentang sisi gelap di balik gemerlap industri hiburan K-Pop. Hari ini, Pengadilan Seoul menjatuhkan hukuman terhadap dua bintang K-Pop, Jung Joon-yung (30) dan Choi Jong-huun (30), dalam kasus pemerkosaan.

Pengadilan memvonis Jung dengan 6 tahun penjara, adapun Choi diganjar 5 tahun. Hakim menyatakan keduanya terbukti memperkosa ramai-ramai wanita korbannya pada 2016, lalu membagikan videonya melalui grup percakapan Kakao Talk.

Jung diganjar lebih berat karena ia juga mengolok-olok wanita korbannya melalui percakapan dalam grup selebritas K-Pop tersebut. Anggota grup obrolan ini, antara lain, Seungri dari boy band Big Bang, yang juga sedang disidik dalam skandal muncikari. Choi sendiri biduan anggota kelompok FT Island.

"Para terdakwa adalah selebritas, seperti halnya teman-temannya dalam grup tersebut. Tetapi obrolan mereka menunjukkan bahwa mereka hanya menganggap wanita sebagai objek kesenangan seksual," kata Hakim Kang Seong-soo membacakan amar putusan, Jumat (29/11), seperti dikutip laman Chosun Ilbo. "Kejahatan para terdakwa sangat serius," ia menambahkan.

Hakim juga mewajibkan keduanya menjalani 'bimbingan kekerasan seksual' selama 80 jam. Sidang keduanya dilakukan secara bergiliran.

Identitas wanita korban disembunyikan demi privasi. Hakim menegaskan, keduanya layak dihukum berat karena tindakan mereka telah mengakibatkan kerusakan mental korban. "Sampai sekarang korban belum pulih benar dan ia menuntut hukuman setimpal," ujar hakim Kang.

Pengadilan Tolak Keluarkan Perintah Penangkapan Bintang K-Pop Seungri

Jung mengakui menyebarkan video, tapi soal pemerkosaan ia membantah. Menurutnya, apa yang ia lakukan berdasarkan suka sama suka. Choi setali tiga uang, ia menyebut hubungan seks tersebut atas dasar kesepakatan bersama.

Kasus Jung dan Choi ini hanya salah satu dari sekian skandal kejahatan seks dan aktivitas ilegal lainnya yang menguak sisi gelap industri hiburan Korsel. K-Pop bukan semata musik, melainkan juga pabrik budaya dan sumber devisa.

Seungri selain terlibat skandal memperdagangkan wanita, cafenya di kawasan elit Gangnam juga disidik lantaran diduga mengemplang pajak dan menjadi sarang peredaran narkoba.

Jika artis pria terjerat sebagai pelaku, sebaliknya artis perempuan merupakan korban. Sulli dan Goo Hara salah satu contoh. Keduanya meninggal bunuh diri karena depresi. Goo menanggung malu lantaran video seksnya diumbar oleh mantan kekasih.

Tidak semua yang gemerlap selalu indah, kita tahu itu. "Aku sangat marah dan membenci dunia ini," ujar rapper Dindin saat mengomentari bunuh diri Goo. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top