Amerika Serikat

Terlibat Hubungan Suka Sama Suka dengan Staf, CEO McD Dipecat

publicanews - berita politik & hukumCEO McDonald Steve Eastbrook yang dipecat karena memiliki hubungan suka sama suka dengan stafnya. (Foto: AP)
PUBLICANEWS, Washington - Hari-hari ini Amerika Serikat diguncang isu pelanggaran hubungan seksual atasan dan bawahan. Setelah anggota Kongres Katie Hill mengundurkan diri karena terlibat romansa terlarang dengan anak buahnya, pria dan wanita, pada Senin (4/11) kemarin giliran CEO McDonald Steve Eastbrook yang dipecat.

Eastbrook (52) diberhentikan karena melanggar kode etik untuk tidak terlibat hubungan seksual sesama karyawan. "Ia terlibat hubungan konsensual atau suka sama suka dengan karyawan," begitu bunyi rilis McDonald, seperti dikutip Washington Post, Selasa (5/11).

Pada saat bersamaan, McD juga melepas Chief People Officer, sekelas kepala SDM, David Fairhurst. Namun manajemen tidak menyebutkan alasannya. Pemecatan Eastbrook pada Minggu (3/11), tapi berlaku efektif sejak Senin (4/11), menjadi laporan utama media-media AS.

Dalam klausul pemecatannya, McD melarang Eastbrook berpindah ke saingan mereka, seperti Burger King, Yim Brands, Starbucks, dan 7-Eleven selama dua tahun. Kompensasinya, ia mendapat pesangon 26 pekan gaji --ia berpenghasilan 16 juta, sekitar Rp 223 miliar, setahun pada 2018, termasuk bonus.

Eastbrook bergabung dengan para eksekutif perusahaan raksasa Amerika lainnya yang dipecat karena memiliki hubungan khusus dengan stafnya. Perusahaan-perusahaan AS mulai mengadopsi larangan berhubungan seks sesama karyawan menyusul gerakan #MeToo. Gerakan antikekerasan dan pelecehan seksual ini diproklamirkan pada 2006, dan menjadi viral setelah dikampanyekan artis Alyssa Milano pada Oktober 2017.

"Saya melihat lebih banyak perusahaan mengadopsi kode etik tersebut," kata pengacara ketenagakerjaan Jonathan Segal. "Banyak perusahaan memasukkannya dalam kebijakan antipelecehan karyawan," ia menambahkan.

'Korban' dari kampanye #MeToo sebelum Katie Hill dan Eastbrook adalah CEO Intel Corp Brian Krzanich. Ia dipaksa mengundurkan diri dari perusahaan semikonduktor itu pada Juni 2018 setelah penyelidikan internal menemukan ia terlibat hubungan konsensual dengan karyawannya.

Sebelumnya, pada 2012, Brian Dunn berhenti sebagai CEO dari perusahaan rantai konsumen elektronik Best Buy setelah terbukti punya 'hubungan pribadi yang sangat-sangat dekat' dengan wanita bawahannya yang berusia 29 tahun.

Kebijakan melarang hubungan khusus atasan-bawahan ini untuk mencegah bukan saja terjadinya pelecehan seksual, melainkan juga favoritisme atau konflik kepentingan. Hal ini mengingat seorang CEO memiliki kekuasaan atas karir pegawai.

Julie Moore, pengacara karyawan korban pelecehan seksual, mengatakan bahwa gerakan #MeToo telah meningkatkan pengawasan hubungan asmara di tempat kerja. Ia mengatakan, tempat kerja adalah lokasi berkembang biaknya pelecehan seksual.

Menurut riset Masyarakat untuk Manajemen Sumber Daya Manusia (SHRM) pada bulan lalu, selalu ada romansa di tempat kerja. Dalam jajak pendapatnya, SHRM menyatakan satu diantara 3 pekerja AS terlibat asmara.

"Karena begitu banyak waktu kita dihabiskan di tempat kerja, tidak mengherankan kalau percintaan berkembang di tempat kerja," kata Presiden SHRM Johnny Taylor.

Kasus Eastbrook sangat disesalkan oleh pialang pasar jaringan waralaba. Pasalnya, sejak dipegang pria asal Inggris yang gemar melucu itu pada 2015, McD kembali menjadi salah satu jaringan resto cepat saji terpopuler di dunia. (ian)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top