AS Klaim Pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi Lakukan Bom Bunuh Diri

publicanews - berita politik & hukumKhalifah ISIS Abu Bakar Al Baghdadi. (Foto: AFP)
PUBLICANEWS, Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memastikan Khalifah ISIS Abu Bakar Al Baghdadi tewas di Idlib, Suriah, Sabtu (26/10) malam. Pimpinan tertinggi ISIS itu dikabarkan melakukan aksi bom bunuh dalam serangan pasukan operasi khusus AS.

Menurut CBSNews.com, Trump mengatakan pasukan AS terlibat dalam baku tembak selama dua jam sebelum Al Baghdadi melarikan diri ke sebuah terowongan bersama tiga anaknya.

“Ia bunuh diri dengan anak-anaknya dan dua istri,” kata Trump. Kepastian Al Baghdadi tewas, ia menambahkan, berdasar hasil tes DNA di lokasi kejadian.

"Baghdadi tewas di antara pencundang-pecundang yang bekerja untuknya. Dia mati seperti pengecut. Dunia sekarang adalah tempat yang jauh lebih aman. Tuhan memberkati Amerika," ujar Trump.

Al Baghdadi berhasil dilumpuhkan di tengah kecaman kepada Trump karena menarik pasukannnya dari wilayah konflik Suriah. Kematian Al Baghdadi menjadi kerugian terbesar dari ISIS.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan, Al Baghdadi bukan hanya pemimpin, tapi pendiri ISIS. Ia menjadi pemimpin inspirasional bagi teroris di berbagai belahan dunia.

Esper menjelaskan, Al Baghdadi sudah diminta untuk menyerahkan diri hidup-hidup. Namun ia menolak. "Ia menolak menyerah, malah mengaktifkan rompi bom bunuh diri," katanya.

Dengan meninggalnya Al Baghdadi tewas, Esper mengingatkan AS dan masyarakat dunia harus mewaspadai aksi balas dendam para pengikut Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) itu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top