Mafia Kasus

Tin Zuraida Mangkir, KPK Ingatkan Saksi Kooperatif

publicanews - berita politik & hukumTin Zuraida usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, 22 Juni 2020, sebagai saksi Hiendra Soenjoto. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Istri eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Tin Zuraida, mangkir dari panggilan KPK. Kemarin, Tin sedianya dimintai keterangan sebagai saksi untuk Ferdy Yuman, tersangka kasus sengaja mencegah dan merintangi atau menggagalkan penyidikan KPK terhadap Nurhadi dan kawan-kawan.

"Tin Zuraida (Staf Ahli Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara), tanpa keterangan dan akan dilakukan pemanggilan kembali," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Rabu (13/1).

KPK tetap mengimbau agar Tin Zuraida kooperatif dengan memenuhi kewajiban hukum tersebut. Tin ikut diboyong ke Gedung KPK saat penyidik menggerebek dan mengamankan Nurhadi serta istri pada 1 Juni 2020. Namun ia kemudian dilepas dengan status sebagai saksi.

Tersangka Ferdy adalah sopir Rezky Herbiyono, menantu pasangan Tin-Nurhadi. Ferdy ditangkap dalam pelariannya di Malang, Jawa Timur. Ia kabur ketika penyidik hendak meringkus Nurhadi dan Rezky di rumah sewaan di Jalan Simprug Golf 17 Suites 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Rumah persembunyian tersebut disewa Rezky dan Nurhadi bersama keluarganya, tapi diatasnamakan Ferdy Yuman.

Pada Februari 2020, saat berstatus buron KPK, Rezky memerintahkan Ferdy untuk menyewa rumah mewah itu. Rezky menyerahkan uang Rp 490 juta agar Ferdy melakukan perjanjian sewa dengan pemilik rumah. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top