TPPU

KPK Sita Aset Diduga Milik eks Bupati Mojokerto di Muba

publicanews - berita politik & hukumAset yang diduga milik eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, disita KPK. (Foto: Humas KPK)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penyidik bersama Satgas Pengelola Barang Bukti KPK menyita sebidang tanah dan bangunan seluas 31.815 m2 yang diduga milik eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, Senin (14/9). Aset diatasnamakan Ahmad Syamsu Wirawan tersebut berlokadi di Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Tanah dan bangunan tersebut merupakan Aset PT. Musi Karya Perkasa, atas nama Ahmad Syamsu Wirawan yang masih memiliki ikatan keluarga dengan tersangka MKP," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/9) petang.

KPK menduga tanah tersebut dibeli Mustofa pada 2015. Di atas tanah tersebut kemudian dibangun mess, kantor beserta fasilitasnya untuk mendukung kegiatan usaha AMP-Hotmix PT. Musi Karya Perkasa. Perusahaan ini mengerjakan proyek jalan pada Dinas PUPR Kabupaten Muba pada 2015.

"Adapun estimasi nilai aset saat ini mencapai lebih kurang Rp 3 miliar," ujar Ali Fikri.

Hari ini, bertempat di Mapolres Muba, tim penyidik KPK juga memeriksa dan menyita berbagai dokumen dari saksi Kepala DPMPTSP Kabupaten Muba Erdian Syahri. Penyidik menggali kronologi dan legalitas pendirian PT. Musi Karya Perkasa yang beroperasi di Muba.

"Karena diduga perusahaan sengaja ini dioperasionalkan oleh tersangka MKP dengan tujuan melakukan TPPU melalui bantuan dan perantaraan kerabatnya," Ali menjelaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top