Pemeriksaan Pengacara untuk Lacak Persembunyian Nurhadi

publicanews - berita politik & hukumNurhadi Abdurrahman. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Dari dua pengacara Nurhadi yang dipanggil, hanya Hartanto yang datang ke Gedung KPK, Jakarta. Sedangkan Hertanto sedang di luar kota.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, pemeriksaan terhadap Hartanto untuk mendalami mekanisme pengajuan Nurhadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Penyidik mendalami keterangan saksi mengenai pengetahuannya tentang surat kuasa untuk praperadilan yang diberikan oleh TNHD, pertemuan-pertemuan yang dilakukan saksi dengan NHD serta materi-materi yang dibahas selama proses peradilan," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/3).

Seperti diketahui, Nurhadi bersama menantunya Rezky Herbiyono dan tersangka penyuapnya Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto menggugat KPK. Padahal, ketiganya tengah buron.

Melalui dua anggota tim penasihat hukumnya itulah tampaknya KPK ingin mengetahui keberadaan Nurhadi. Untuk menyusun materi gugatan, KPK menduga Nurhadi bertemu pengacaranya.

Nurhadi dan Rezky disangkakan menerima suap dan gratifikasi total Rp 46 miliar dalam kasus mafia perkara di MA tahun 2011-2016. Suap tersebut mereka terima untuk mengurus dua perkara perdata di MA.

Pertama, melibatkan MIT melawan PT Kawasan Berikat Nusantara. Kemudian perkara perdata sengketa saham MIT dengan nilai suap Rp 33,1 miliar.

Adapun gratifikasi, Nurhadi melalui sang menantu dalam periode Oktober 2014–Agustus 2016 diduga menerima total Rp 12,9 miliar. Uang untuk penanganan sengketa tanah di tingkat kasasi dan PK di MA dan permohonan perwalian. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top