Suap Komisioner KPU

Berkas Saeful Bahri Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta

publicanews - berita politik & hukumTersangka Saeful Bahri. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penyuap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Saeful Bahri, segera menjalani sidang. Jaksa Penuntut Umum KPK telah melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Hari ini KPK melimpahkan berkas perkara atas nama Saeful Bahri, pemberi suap kepada Komisioner KPU WS," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalsm keterangan tertulisnya, Kamis (19/3).

Saeful, yang pernah disebut-sebut KPK sebagai orang kepercayaan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, bersama dengan buron Harun Masiku adalah tersangka penyuap Wahyu Setiawan.

JPU saat ini tinggal menunggu penetapan hari sidang dari Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. "Seluruh saksi yang sudah diperiksa sebanyak 32 saksi," Ali menambahkan.

Para saksi yang telah dimintai keterangan diantaranya Ketua KPU Arief Budiman, Hasto Kristiyanto, dan Riezky Aprilia. Nama terakhir ini adalah orang yang diputuskan KPU menjadi anggota DPR antarwaktu. Ia mengalahkan Harun Masiku.

Adapun pasal yang didakwakan kepada Saeful adalah primair pasal 5 ayat (1) huruf a UU Nomor 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP, subsidair pasal 13 UU yang sama. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top