Suap Pejabat Bakamla

Direktur CMI Rahardjo Pratjihno Ditahan KPK

publicanews - berita politik & hukumDirektur Utama PT CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno ditahan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan terhadap Direktur Utama PT CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno. Ia adalah tersangka kasus dugaan suap pengadaan perangkat transportasi informasi terintegrasi 2016 di Badan Kemanan Laut (Bakamla) sejak 31 Juli 2019 lalu.

"Hari ini KPK melakukan penahanan terhadap tersangka RJP," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (14/1) malam.

Rahardjo keluar dari lobi Gedung KPK sekitar pukul 19.40 WIB. Mengenakan rompi tahanan, Rahardjo tidak memberikan pernyataan apapun.

Ali mengatakan Rahardjo akan menjalani penahanan untuk 20 hari ke depan. "Di rutan klas 1 Jakarta Timur cabang KPK," ujar Ali.

CMI adalah rekanan Bakamla dalam pengadaan Backbone Coastal Surveillance System (BCSS) 2016. Kasus ini merupakan pengembangan kasus suap sebelumnya yang menjerat Direktur PT Merial Esa Fahmi Darmawansyah. Diduga dalam kasus ini negara dirugikan sebesar Rp 54 miliar.

KPK menjerat Rahardjo Pratjihno dengan pasal 2 ayat (1) UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top