TPPU

Eks Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Saksi Orang Kepercayaannya

publicanews - berita politik & hukumEks Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari dipanggil KPK untuk kasus yang menjerat mantan orang kepercayaannya Khairudin. Kasusnya adalah dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka KHR (Khairudin)," kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi Humas KPK Yuyuk Andriati kepada wartawan, Senin (2/12).

Rita sendiri adalah juga tersangka kasus TPPU ini bersama Komisaris PT Media Bangun Bersama itu. Keduanya juga sedang menjalni vonis Pengadilan Tipikor Jakarta dalam kasus suap dan gratifikasi. Rita diganjar 10 tahun penjara dan denda Rp 600 juta pada 6 Juli 2018, adapun Khairudin kena 9 tahun dan denda Rp 300 juta.

KPK menduga selama menjadi bupati di wilayah kaya di Kalimantan Timur itu Rita bersama-sama Khairudin menyamarkan uang suap dan gratifikasi senilai Rp 436 miliar. KPK telah menyita sejumlah barang mewah milik Rita, seperti mobil, tas bermerek (branded), hingga uang ratusan juta dari berbagai lokasi.

Lagi, KPK Sita Aset Bupati Nonaktif Kukar Rita Widyasari

Sebelumnya KPK telah menjerat Rita dan Khairudin sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi bersama Direktur Utama PT Sawit Golden Prima, Hery Susanto Gun alias Abun.

Untuk kasus yang pertama, Rita diduga menerima suap Rp 6 miliar dari Abun dalam peberbitan izin operasi untuk keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit. Kebun berlokasi di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman.

Sedangkan untuk kasus dugaan gratifikasi, Rita bersama Khairudin diduga menerima uang sekitar Rp 6,97 miliar dari sejumlah proyek di Kabupaten Kukar. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top