Kriminalitas Surabaya

Mahasiswa Gelapkan Puluhan Mobil untuk Lunasi Utang

publicanews - berita politik & hukumMahasiswa Oditya Pradana Putra (23) yang diduga menggadaikan puluhan mobil. (Foto: surabayapagi.com)
PUBLICANEWS, Surabaya - Polisi menangkap mahasiswa Oditya Pradana Putra (23) karena diduga menggadaikan puluhan mobil. Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Surabaya itu menggelapkan 21 unit mobil dan 2 unit motor dari membuka usaha rental kendaraan.

"Pelaku ini ditangkap di rumahnya di Jalan Petemon oleh anggota Reskrim Polsek Sawahan pada Jumat (22/11)," kata Sandi kepada wartawan dalam gelar kasus di Mapolsek Sawahan, Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/12).

Dalam melancarkan aksinya, Oditya meminjam uang kepada seorang investor untuk membuka jasa rental mobil. Investor ini kemudian tertarik dengan pembagian keuntungan yang dijanjikan Oditya sehingga memberikan sejumlah mobil dan motor.

Oleh Oditya, Sandi menambahkan, kendaraan-kendaraan tersebut digadaikan secara sepihak dalam waktu empat bulan terakhir. "Dari pengalaman selama 4 bulan ini pelaku sudah bisa menipu para korban sebanyak 21 mobil dan 2 motor," ujarnya.

Sang investor atau pemilik kendaraan melaporkan ke polisi karena pelaku tak memenuhi janjinya dalam pembagian keuntungan. Polisi akhirnya menemukan 2 sepeda motor dan kunci mobil dari penadah.

Menurut pengakuan Oditya kepada petugas, ia menjual setiap unit mobil antara Rp 20 juta sampai Rp 30 juta. Motor ia lego Rp 3,5 juta sampai Rp 4 juta. Harga-harga tersebut juga tergantung negosiasi.

Oditya mengaku terlilit utang dengan beberapa mitra kerjanya, ia lalu mengambil jalan pintas dengan menggadaikan puluhan kendaraan.

"Pada saat kerja dengan vendor ternyata mengalami kegagalan dan harus memutar otak untuk menutupi utang-utang tersebut," Sandi menjelaskan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top